Contoh Makalah Sig (Sistem Isu Geografis)

Contoh Makalah Sig (Sistem Isu Geografis)

Contoh Makalah Sig (Sistem Isu Geografis)

Contoh Makalah Sig (Sistem Isu Geografis)
Contoh Makalah Sig (Sistem Isu Geografis)

 

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga alhamdulillah kami berhasil menuntaskan makalah yang berjudul “Sistem Informasi Geografis (SIG)” ini dengan baik.
Makalah ini berisikan perihal definisi SIG, manfaat SIG, laba SIG dan materi-materi lain yang akrab hubunganya dengan SIG. Makalah ini dibentuk untuk memenuhi kiprah matapelajaran SIG dan diperlukan biar para pembaca sanggup mengetahui apa itu SIG, penerapan SIG, serta laba SIG.
Dan tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada
1. Bapak Drs. Marya, M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Blora
2. Bapak/Ibu Guru yang telah membimbing kami khususnya Bapak Drs. Teguh Hardiyoto, M.Pd., Ibu Sri Hikmah, S.Pd., dan Bapak Wahid, S.Pd, selaku Guru Kejuruan Geomatika, serta Mas Desi selaku Tool Man Kejuruan
3. Orang renta kami yang telah memberi motivasi mencar ilmu kepada saya
4. Rekan-rekan kelas XII GEOMATIKA 1
“Tiada gading yang tak retak” begitupula dengan makalah ini. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh alasannya yakni itu, kritik dan saran dari guru dan teman-teman yang bersifat membangun , selalu kami harapkan demi lebih baiknya makalah ini.
Akhir kata, semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala perjuangan kita, Aamiin.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Penyusun

DAFTAR ISI

COVER …………………………………………………………………………………………………………….
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………………………….
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………………………
BAB I (PENDAHULUAN)
1.1 LATAR BELAKANG …………………………………………………………………………………….
1.2 TUJUAN ………………………………………………………………………………………………………
1.3 MANFAAT …………………………………………………………………………………………………..
1.4 RUMUSAN MASALAH …………………………………………………………………………………
BAB II ( PEMBAHASAN )
2.1 SEJARAH PERKEMBANGAN SIG …………………………………………………………………
2.2 PENGERTIAN SIG MENURUT PARA AHLI …………………………………………………….
2.3 KONSEP DASAR SIG ……………………………………………………………………………………
2.4 DEFINISI SIG ……………………………………………………………………………………………….
2.5 KOMPONEN SISTEM SIG ……………………………………………………………………………..
2.6 PENERAPAN DAN APLIKASI SIG …………………………………………………………………
2.7 FUNGSI DAN KEMAMPUAN DARI SIG …………………………………………………………
BAB III ( PENUTUP)……………………………………………………………………………………………
3.1KESIMPULAN ………………………………………………………………………………………………
3.2 SARAN ………………………………………………………………………………………………………..
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

1.1Latar Balakang

Dengan seiring berkembangnya zaman yang semakin maju, perkembangan teknologi pun seiring dengan perkembangan zaman tesebut. Perekembangan teknologi tersebut juga kuat pada kemajuan teknologi dalam dunia IT (Information Technology) yang juga berkembang dengan pesat . Salah satunya yakni dengan munculnya Teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis).
Teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis) telah berkembang pesat. Saat ini telah dikenal istilah-istilah Desktop GIS, Web GIS, dan Database Spatial yang merupakan wujud perkembangan teknologi Sistem Informasi Geografis, untuk mengakomodir kebutuhan solusi atas aneka macam permasalahan yang hanya sanggup dijawab dengan tekhnologi SIG ini.
Konsep dasar SIG sistem yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografi. SIG mempunyai kemampuan untuk melaksanakan pengolahan data dan melaksanakan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data. Applikasi SIG ketika ini tumbuh tidak hanya secara jumlah applikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman applikasinya. Pengembangan applikasi SIG kedepannya mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan SIG.

1.2 Tujuan

Tujuan dari makalah ini yakni sebagai berikut:
• Mengetahui apa yang dimaksud dengan SIG
• Mengetahui Dasar Dasar SIG
• Mengetahui Sejarah SIG
• Mengetahui Fungsi SIG

1.3 Manfaat

Manfaat yang dirahapkan dalam penelitian ini yakni sebagai berikut:
Ø Menambah referensi,
Ø Dapat mengetahui pengertian SIG, tujuan dan manfaat SIG, software
untuk pengembangan SIG (keuntungan memakai SIG, Penerapan SIG, teladan pemanfaatan SIG)
Ø Dapat memahami dan mengetahui mengenai Sistem Informasi Geografi (SIG) sehingga sanggup dimanfaatkan dalam aneka macam aspek kehidupan.

1.4 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang duduk masalah yang telah diungkapkan diatas, sanggup ditarik beberapa pokok permasalahan untuk dianalisis dan dikaji di dalam makalah perihal Sistem Informasi Geografi ini. Pokok permasalahanya adalah:
1. Sejarah SIG
2. Pengertian SIG dari aneka macam ahli
3. Dasar Dasar SIG
4. Fungsi SIG

BAB II PEMBAHASAN

2.1 SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

1. AWAL MULA

Geografi merupakan salah satu ilmu yang mengikuti sejarah perkembangan manusia.Manusia mengenal daerah tinggal dan lingkungan sekitarnya, yang pada awalnya hanya tersimpan pada pada otaknya atau yang biasa disebut peta mental.
Perkembangan selanjutnya yakni insan mulai menggambarkan lingkungan sekitarnya pada suatu bidang atau yang disebut dengan peta denah yaitu peta tanpa proyeksi dan skala

2. ZAMAN PRASEJARAH

Peta tertua ditemukan ketika dilakukan penggalian reruntuhan kota Gasur, Babilonia, berupa sebilah lempeng kecil tanah liat dan diperkirakan dibentuk sekitar 2500 tahun sebelum masehi Peta generasi kedua ditemukan di Mesir, yang digambarkan diatas lembaran kertas yang terbuat dari kulit.Peta ini memperlihatkan persil-persil tanah pertanian yang terdapat di sekitar lembah sungai Nil dan lokasi-lokasi tambang emas pada masa pemerintahan Rameses II (1292 – 1225 tahun sebelum masehi).
Bangsa Yunani memakai sistem koordinat segi-empat untuk pembuatan peta-petanya sekitar 300 tahun sebelum masehi.Mereka melaksanakan serangkaian pengamatan hingga didapat bukti-bukti yang menyatakan bahwa bentuk bumi itu tidak datar, tetapi bulat.

Ilmuwan Yunani juga memperkenalkan konsep-konsep bumi bundar dengan kutub-kutubnya, garis katulistiwa, sistem koordinat Lintang dan Bujur, sistem proyeksi peta, dan hitungan dimensi-dimensi bumi.
Perkembangan perpetaan dan diskripsi wilayah selanjutnya lebih didasarkan atas aneka macam kepentingan, menyerupai untuk perang dan pajak serta pelayaran

3. ZAMAN ARAB ISLAM

Bangsa Arab Islam memimpin dalam dunia Geografi dan Kartografi pada masa pertengahan.Banyak karya Yunani diterjemahkan ke dalam bahasa Arab hingga ilmu Geografi berkembang pesat.
Idrisi yang diangkat sebagai penasihat dan pengajar di Istana oleh Raja Sicilia, Roger II pada 1154, Idrisi menciptakan globe (bola dunia) pertama kali yang terbuat dari perak seberak 400 kg memuat tujuh benua, danau dan sungai, kota, gunung, dataran, rute perjalanan dan catatan ketinggian. Ia juga mengarang suatu kitab yang menggambarkan bentuk bumi yang bundar dan mengambang diangkasa menyerupai kuning telur. Juga menjelaskan perihal iklim, lautan dan dataran serta penjelasannya secara terinci.
Untuk mengormati jasa-jasa Idrisi, maka perangkat lunak yang dikembangkan oleh Universitas Clark di Amerika Serikat diberi nama “IDRISI”. Buku buku karangan dia masih terus diburu ilmuwan hingga pada awal masa 20.

Baca Juga: