SUBJEK PENELITIAN

SUBJEK PENELITIAN

SUBJEK PENELITIAN

SUBJEK PENELITIAN
SUBJEK PENELITIAN

Subjek penelitian adalah orang atau benda yang dijadikan sasaran dalam kegiatan penelitian. Jadi Subjek penelitian merupakan sumber data dalam sebuah proses penelitian. Dalam sebuah penelitian sosial, masyarakat yang akan dijadikan subjek penelitian harus ditentukan terlebih dahulu. Jika masyarakat yang akan dijadikan subjek penelitian terlalu besar jumlahnya dan/atau terlalu luas wilayahnya, maka perlu ditentukan populasinya terlebih dahulu dan langkah selanjutnya adalah memilih sampel.

  1. Populasi

Populasi merupakan jumlah keseluruhan unit yang akan dianalisis, yakni objek yang diteliti. Idealnya penelitian dilakukan untuk seluruh anggota populasi.

  1. Sampel

Dalam bukunya yang berjudul Metode Penelitian Sosial, Irawan Soehartono menjelaskan bahwa sampel merupakan suatu bagian dari populasi yang akan diteliti dan sekaligus dianggap dapat menggambarkan populasinya.

Dua syarat yang harus dipenuhi dalam prosedur pengambilan sampel, yaitu:

(1) sampel harus dapat mewakili keseluruhan populasi (representatif), dan

(2) besarnya sampel harus memadai bagi keseluruhan populasi.

Dua cara untuk menentukan sampel, yakni:

(1)  Berdasarkan peluang (probability sampling), dan

(2) Tidak berdasarkan peluang (nonprobability sampling). Dalam probability sampling, pengambilan sampelnya dilakukan secara random atau acak, yang dilakukan dengan cara undian atau dengan menggunakan tabel bilangan random yang dapat ditemukan dalam buku-buku statistik. Sedangkan dalam nonprobability sampling, pengambilan sampel yang dilakukan secara sengaja yang dilakukan dengan berbagai cara, yakni dengan mempertimbangkan jumlah (quota sampling), dengan mempertimbangkan tujuan (purposive sampling), dengan teknik bola salju (snowball sampling), atau bahkan secara kebetulan (accidental sampling).

 

Baca Artikel Lainnya: