Tips Kiat Meningkatkan Motivasi Belajar

Tips Kiat Meningkatkan Motivasi Belajar

Tips Kiat Meningkatkan Motivasi Belajar

Tips Kiat Meningkatkan Motivasi Belajar
Tips Kiat Meningkatkan Motivasi Belajar

Dalam realita pendidikan dewasa ini

Acuan utama yang menjadi tolok ukur kemajuan suatu lembaga/institusi pendidikan adalah ketercapaian KKM (Kompetensi Ketuntasan Minimal). Besarnya nilai KKM suatu sekolah menjadi nilai tambah tersendiri demi peningkatan prestasi sekolah terlebih lagi bagi sekolah-sekolah yang mengejar “target” Sekolah Berstandar Internasional.

Problematika di lapangan

Menunjukkan bahwa untuk dapat meraih nilai KKM yang tinggi maka diperlukan upaya keras dari berbagai pihak termasuk dari Guru maupun Siswa itu sendiri. Arus pengaruh globalisasi dan kompleksitas gejolak sosial di masyarakat sekarang ini justru sebaliknya, memberikan dampak besar terhadap siswa karena menurunnya motivasi belajar yang diakibatkan dua factor tersebut di atas.

Guru sebagai ujung tombak dari visi misi sekolah

Harus mampu melihat kondisi yang demikian dan berusaha memberikan solusi dari rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa. Tips atau kiat-kiat yang dapat dilakukan Guru dalam memotivasi siswa atau peserta didik terutama ketika di dalam kelas

Memotivasi siswa atau peserta didik  antara lain

1. Berikan waktu untuk berbicara (Sharing) kepada peserta didik dan jelaskan kepada mereka arti penting dan manfaat dari proses pembelajaran yang sedang mereka lakukan.
2. Curahkan Perhatian penuh kepada peserta didik. Perhatikan perasaan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung, jangan sampai ada peserta didik yang merasa tidak nyaman ketika mengikuti proses pembelajaran.
3. Kelola kelas secara efektif. Usahakan agar peserta didik bisa membuat pilihan personal. Biarkan mereka memilih topic sendiri, tugas menulis, dan proyek riset sendiri.
4. ciptakan pusat pembelajaran. Peserta didik belajar sendiri atau secara kolaboratif dengan peserta didik lainnya.
5. bentuklah kelompok minat, bagilah peserta didik kedalam kelompok-kelompok minat dan biarkan mereka mengerjakan tugas riset yang relevan dengan minat mereka.

Sedikit tips ini semoga dapat bermanfaat dan mampu memberikan positif baik bagi guru maupun peserta didik.

Baca Juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *