Apa yang Dimaksud dengan RAM Komputer

Apa yang Dimaksud dengan RAM Komputer

Apa yang Dimaksud dengan RAM Komputer

Apa yang Dimaksud dengan RAM Komputer
Apa yang Dimaksud dengan RAM Komputer

Cara Kerja RAM Komputer dan Laptop

RAM adalah singkatan dari random-access memory, tapi apa artinya itu? RAM komputer intinya adalah memori jangka pendek di mana data disimpan sesuai kebutuhan prosesor. Ini tidak sama dengan data jangka panjang yang disimpan pada hard drive, yang tetap berada di sana walaupun komputer dimatikan. Setiap kali Anda bermain game dari hard drive komputer atau stream film dari Internet, semua data yang diperlukan prosesor untuk memainkan game atau menonton film disimpan dalam RAM. Ini dimaksudkan agar prosesor dapat mengambil data dengan cepat. Setelah Anda selesai bermain game atau menonton film dan menutupnya, prosesor tidak memerlukan data itu lagi, jadi data diganti dengan tugas berikutnya yang Anda berikan. RAM dapat memperlambat komputer jika jumlahnya tidak cukup bagi prosesor untuk melakukan tugas yang Anda perintahkan. Jika prosesor ingin memuat lebih banyak data dari yang dapat ditangani RAM komputer, ia harus bolak balik ke hard drive atau ke Internet untuk mengambil informasi lagi. Ini ibarat orang yang ingin mengambil bola tenis lebih banyak dari yang dapat dibawanya; pada akhirnya, ia menghabiskan lebih banyak waktu mengambil bola tenis daripada bermain tenis!

Cara Kerja Prosesor Komputer

Prosesor membentuk kemampuan komputer untuk berpikir, mirip seperti bagian sadar dari otak Anda. Makin cepat Anda dapat menjawab soal matematika, membaca, dan memahami kata-kata dalam buku, memahami arti lelucon, atau secara akurat memberi tahu tubuh apa yang harus dilakukan ketika melakukan permainan olahraga, makin kuat otak Anda. Demikian pula dengan prosesor komputer. Makin kuat prosesor, makin cepat ia dapat melakukan tugas dengan data (game, film, aplikasi, dll.) yang tersedia di hard drive dan secara online. Prosesor komputer bekerja bersama RAM dan berfungsi sebagai satu tim. RAM ibarat memori jangka pendek Anda. Jika kepala Anda terbentur sehingga kehilangan memori jangka pendek (RAM Anda), Anda tidak akan dapat mengingat apa pun yang terjadi beberapa detik yang lalu. Namun, Anda masih dapat berpikir dengan benar. Namun coba pikir—tanpa memori, Anda (Anda dan prosesor Anda) akan mendapat banyak kesulitan.

Kinerja Lebih Tinggi dengan Harga Lebih Rendah

Sekarang ini di pasaran Anda akan mendapati bahwa perangkat PC All-in-One, laptop, dan 2 in 1 dapat memberikan kinerja yang jauh lebih unggul dengan harga yang jauh lebih rendah dari yang Anda perkirakan. Jika Anda merasa ragu untuk membeli komputer baru, lihatlah beberapa komputer berkinerja super yang tersedia saat ini. Anda akan mendapat kejutan menyenangkan dari yang Anda temukan.

Sumber: https://www.ram.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *